Selasa, 14 Oktober 2014

Perbedaan IPS dengan ISD

Perbedaan IPS dan ISD
Kali ini saya akan membahas perbedaaan antara Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan Ilmu Sosial Dasar (ISD). Tapi, sebelum membahas perbedaannya, ada baiknya kita mendenal terlebih dahulu apa itu IPS dan apa itu ISD.

Pengertian IPS
  • Moeljono Cokrodikardjo, mengemukakan pendapatnya, bahwa IPS adalah perwujudan dari suatu pendekatan interdisipliner dari ilmu sosial. Ia merupakan integrasi dari berbagai cabang ilmu sosial yakni sosiologi, antropologi budaya, psikologi, sejarah, geokrafi, ekonomi, ilmu politik dan ekologi manusia, yang diformulasikan untuk tujuan instruksional dengan materi dan tujuan yang disederhanakan agar mudah dipelajari. 
  • S. Nasution, mendefinisikan IPS sebagai pelajaran yang merupakan fusi atau panduan sejumlah mata pelajaran sosial. Ia menyatakan bahwa IPS merupakan bagian dari kurikulum sekolah yang berhubungan dengan peran manusia dalam masyarakat yang terdiri atas berbagai subjek sejarah, geografi, ekonomi, antropologi, dan psikologi sosial.
          Secara umum IPS dapat diartikan dengan “penelaahan atau kajian tentang masyarakat”. Dalam mengkaji masyarakat, guru dapat melakukan kajian dari berbagai perspektif sosial, seperti kajian melalui pengajaran sejarah, geografi, ekonomi, sosiologi, antropologi, politik-pemerintahan, dan aspek psikologi sosial yang disederhanakan untuk mencapai tujuan pembelajaran.


Ruang LIngkup IPS
Ruang lingku IPS meliputi :
(a) substansi materi ilmu-ilmu sosial yang bersentuhan dengan masyarakat dan
(b) gejala, masalah, dan peristiwa sosial tentang kehidupan masyarakat.





Tujuan IPS

Tujuan pembelajaran IPS bertumpu pada tujuan yang lebih tinggi. Secara hirarki, tujuan pendidikan nasional pada tataran operasional dijabarkan dalam tujuan institusional tiap jenis dan jenjang pendidikan. Selanjutnya pencapaian tujuan institusional ini secara praktis dijabarkan dalam tujuan kurikuler atau tujuan mata pelajaran pada setiap bidang studi dalam kurikulum, termasuk bidang studi IPS.

Tujuan kurikuler IPS yang harus dicapai sebagai berikut :

  •  Membekali peserta didik dengan pengetahuan sosial yang berguna dalam kehidupan masyarakat.
  •  Membekali peserta didik dengan kemapuan mengidentifikasi, menganalisa dan menyusun alternative pemecahan masalah sosial yang terjadi dalam kehidupan di masyarakat.
  • Membekali peserta didik dengan kemampuan berkomunikasi dengan sesama warga masyarakat dan dengan berbagai bidang keilmuan serta berbagai keahlian.
  • Membekali peserta didik dengan kesadaran, sikap mental yang positif, dan keterampilan terhadap lingkungan hidup yang menjadi bagian kehidupannya yang tidak terpisahkan.
  • Membekali peserta didik dengan kemampuan mengembangkan pengetahuan dan keilmuan IPS sesuai dengan perkembagan kehidupan, perkembangan masyarakat, dan perkembangan ilmu dan teknologi.


Pengertian ISD
Ilmu Sosial Dasar merupakan suatu bahan studi atau Program Pengerjaanyang khusus dirancang untuk kepentingan pendidikan/pengajaran yang diIndonesia diberikan di Perguruan Tinggi. Tegasnya mata kuliah Ilmu SosialDasar diberikan dalam rangka usaha untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan guna mengkaji gejala-gejala sosial agar daya tanggap, persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosialnya dapat ditingkatkan, sehingga lebih peka terhadapnya.

Ruang Lingkup ISD


  1. kenyataan-kenyataan social yang ada dala mmasyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah social tertentu.
  2. konsep-konsep social atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan social dibatasi pada konsep dasar atau elemnter saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah social yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial
  3. masalah-masalh yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan social yang antara yang satu dengan yang lainnya berbeda
Tujuan ISD
ISD bertujuan untuk membina mahasiswa agar :
  • Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial danmasalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
  • Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalamusaha-usahamenanggulanginya
  • Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakatselalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya mempelajarinya)secara kritis-interdisipliner.
  • memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dandapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulanganmasalah sosial yang timbul dalam masyarakat.
Perbedaan IPS dengan ISD
Ilmu Sosial Dasar
Ilmu Pengetahuan Sosial
Di pelajari di pergurua tinggi
Di pelajari di sekolah dasar dan sekolah lanjutan
mata kuliah tunggal kelompok dari sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan)
diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual



sumber :

http://massofa.wordpress.com/2010/12/09/pengertian-ruang-lingkup-dan-tujuan-ips/
http://ariefsz.blogspot.com/2009/12/isd-pengertian-tujuan-isd-dan-ips.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar