Kamis, 22 Januari 2015

Cinta Itu Pencitraan

     Cinta Itu Pencitraan     


           Hi vroh, kenalin nama gue Alfaruqi Yogi (bukan nama samaran). Lha?? Namapa gue ketik ‘’bukan nama samaran’’ ya?? Ah sudahlah, ga usah dipikirin, gue juga bingung, pokoknya itu nama gue. Trus, napa gue pake acara ngenalin nama segala?? Ah, cukup!!! Ntar gue malah ngejelasin kapan gue lahir, dimana, siapa nama bidannya, gimana TK, SD, SMP, SMA gue dulu. Ga penting, kalo gue jelasin semua, bisa 18 tahun ntar. Lha?? Napa gue ngetik kaya gini?? Ga ada yang nanya, ples  ga penting juga. Dari tadi gue ngetik ga ada yang penting, ah sudahlan, abaikan..

          Langsung aja, kali ini gue mau corat-coret dikit tentang hal yang belakangan ini gangu pikiran gue. Apa itu?? Ga ada yang nanya... biarin, ga ada yang nanya pun, gue bakal tetap lanjutin corat-coret laman blog gue. Hal yang bikin pikiran gue keganggu belakangan ini adalah kata-kata “Cinta itu Apa Adanya”.

          Kenapa hal ini ngeganggu pikiran gue?? Bikin gue ga bisa tidur, bikin gue males makan, bikin BAB (maaf) gue ga lancar??? Ehhh, tenang aja, ga ampe segitunya kok, sengaja gue lebay-in dikit. Yahh, balik ngommong ga jelas lagi, kebanyakan ga jelas, ntar orang-orang pada ga jadi baca lho.. dah, ga pake basa-basi lagi, langsung aja gue bahas, benarkah cinta itu apa adanya???

          Sering gue denger pasangan yang lagi dimabuk cinta ngomong “aku cita kamu apa adanya”, “sayang gue ke elo itu, apa adanya banget”, “uda sayang bana ka adiak, apo adonyo” (yang terakhir pake bahasa daerah gue ^_^). Menurut gue, cinta apa adanya itu cuma buat Tuhan, cinta buat pacar, buat gebetan, itu semua bukan apa adanya, melainkan pencitraan. Kenapa gue bilang penciraan??? Sabar... makanya baca ampe akhir...

          Gue bilang cinta buat gebetan ato pacar itu pencitraan, bukan apa adanya, karna ada hal-hal yang ga sesuai ama kata “apa adanya”, yang gue juampain dari orang pacaran. Apa aja??? Penasaran?? Sabar, ini mau gue jabarin.

1.     Cara Berpakaian
Kalo mau ketemu Tuhan (Shalat), orang-orang bakal tampil apa adaya, paling cuma pake sarung ama kaos oblong doang, syukur-syukur ada yang pake baju koko ama peci, kalo cewe emang wajib pake mukena (ini buat yang muslim). Tapi, coba kalo ketemu ama pacar ato gebetan, kayanya ga perlu gue jelasin, bakal tampil rapi, keren, semua yang dipake bakal diperhatiin. Bener ga???
Kalo emang cinta itu apa adanya, brani ga ketemu ama pacar ato gebetan pake sarung ama kaos oblong doang??? Pasti ga bakalan berani. Kenapa??? Karna cinta itu pencitraan, kalo emang cinta itu apa adanya, kalian, pacar kalian ato gebetan kalian ga bakal ada masalah walau ketemuan pake sarung. Kalo ditanyain, bilang aja “cinta itu apa adanya” ^_^

2.    Kalo mau ketemu pacar ato gebetan semprot sana semprot sini, parfumnya lebay, dah kaya toko parfum berjalan, jarak 100 meter mungkin masi kecium (gue malah enek kalo kebanyakan kaya gitu). Kenapa semprotnya banyak??? “biar wangi, biar ayank ebeb makin thayang”. Preettt!!!
Coba kalo ketemu Tuhan, malahan ga pake parfum. Gimana mau pake parfum, ada kandungan alkoholnya, wudhu jadi batal, ada sih yang ga pake alkohol.
Dan lagi, itu bukti pencitraan. Kalo emang apa adaya, jangankan lu ga pake parfum, mau badan lu bau kambing sekalipun, lu ama pasangan lu ga bakal ada masalah.

3.    Kalo mau ke masjid pakenya sendal jepit, paling harganya 10ribuan, apa adanya banget kan??? Tapi coba kalo mau ketemu ama ayank ebebnya, sepatunya ratusan ribu, ada yang jutaan malahan. Ini buat apa??? Buat kelihatan menarik keren dan segala pencitraan lainnya dihadapan orang yang lu suka.
Kalo cinta itu emang apa adanya, bukan pencitraan. Coba deh, lo ketemuan ama pacar lo, gebetan lo pake sendal jepit yang biasa lo pake buat ke masjid. Kalo emang apa adanya,lo ato pasangan lo ga perlu malu mesti ketemuan cuma pake sendal jepit, ato malahan nyeker sekalipun, pasangan lo bakal nerima, paling cuma ketawa doang, ga bakal ada masalah...

4.    Kalo buat kotak amal, paling cuma serebu, dua rebu doang, paling tinggi juga lima rebu. Tapi, coba buat traktir ayank ebebnya. Ga perlu gue jawab, lo pasti tau, ga sebanding. Padahal Tuhan ngasi lu nyawa, napas, kesehatan dan segala-galanya. Sementara lo cuma nyumbang serebu-duarebu doang. Padahal amalannya juga bakal buat lo juga. Terus, ayank ebeb lu, apa yang udah die kasi buat lu??? Paling perhatian ama setatus doang kan??? Berapa duit yang udah lo keluarin buat traktir dia, belanjain dia??? Biar lo kelihatan mapan, biar lo elihatan perhatian. Pencitraan banget kan???

5.    Kalo lo denger panggilan Tuhan buat nunaiin kewajiban lo (adzan). Biasanya lo bakal ngelanjutin kegiatan lo, pura-pura ga denger, ga peduli. Tapi coba kalo HP lo bunyi dan itu dari ayank ebeb lo, lagi sesibuk apa pun lo bakal ninggalin kegiatan lo. Benerkan??? Dan tau itu kenapa??? Karna kalo ga di jawab, ayank ebebnya ato gebetannya baklan ngambek, marah. Dan juga banget. Coba bayangin, gimana kalo yang ngambek ato marah itu Tuhan, apa yang bakal terjadi??? Ya emang ada sih, pacar ato gebetan yang nelpon ato chating buat ngingetin shalat. Kalo yang kaya gini gue setuju, walau ada unsur pencitraan juga, tapi ngingetin orang shalat diawal waktu itu termasuk perbuatan baik dan bakal dapaat pahala.

Sebenernye, masi banyak hal-hal lainnya yang pengen gue corat-coret, tapi udah kepanjangan, ntar lu malah ga jadi kelar bacanya, adanya lu malah kesel. Jadi, intinya, “Cinta yang apa adanya itu cuma buat Tuhan” sedangkan “cinta buat pacar ato gebetan itu cuma pencitraan”. Maksud gue nulis kaya gini biar lu ga terlalu larut dalam cinta-cintaan lu buat pacar, dibandingin buat pacar, lu harus tetap ngeutamain Tuhan (gue kok jadi kaya orang bener ya).

Dah, sekian dulu, kalo ada yang mau kasi sanggahan, kritik, saran ato malah mau nambahin, silakan corat-coret di komentar. Wasalam ^_~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar