Selasa, 13 Juni 2017

Sejarah PHP



                PHP adalah suatu bahasa scripting yang digunakan untuk  web development. PHP dapat diintregasikan dengan HTML, JavaScript, Ajax. Namun, pada umumnya PHP lebih banyak digunakan bersamaan dengan file bertipe HTML. PHP dapat membuat website powerfull yang dinamis disertai dengan manajemen database-nya. PHP dapat dijalankan di berbagai platform.

                Pada awalnya PHP adalah singkatan dari Personal Home Page(situs personal). PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorft pada tahun 1995. Pada saat itu PHP masih bernama Form Interpreted(FI), yanng diwujudkan dengan sekumpulan script digunakan untuk mengolah data formulir dari web.

                Selanjutnya, Rasmus merilis kode sumner tersebut untuk umum dan menamakannya PHP/FI. Dengnan perilisan kode sumber ini menjadi sumber terbuka, maka banyak pemrogram yang tertarik untuk ikut mengembanggkan PHP.

                Pada November 1997, dirilis PHP/FI 2.0. pada rilis 2.0 ini, intrepetes PHP telah diimplementasikan dalam program C. Di dalam rilis ini juga disertakan modul-modul ekstensi yang meningkatkan kemampuan PHP/FI secara signnifikan.

                Masih tahun 1997, sebuah perusahaan bernama Zend menulis ulang innterpreter PHP menjadi lebih bersih, lebih baik, dan lebih cepat. Juni 1998, perusahaan tersebut merilis interpreter baru untuk PHP dan meresmikan rilis tersebut sebagai PHP 3.0 dan singkatan PHP diubah menjadi akronim berulang PHP: Hypertext Preprocessing.

                Pertengahan tahun 1999, Zend merilis interpreter PHP baru dan rilis tersebut dikenal dengan PHP 4.0. PHP 4.0 adalah versi PHP yang paling banyak dipakai pada awal abad ke-21. Banyak dipakai karena kemampuannya untuk membangun aplikasi web lebih kompleks, tetapi tetap memiliki keceaptan dan stabilitas yang tinggi.

                Juni 2004, Zend merilis PHP 5.0. dalam versi ini, inti dari interpreter PHHP mengalami perubahan besar. Versi ini juga memasukkan model pemrograman berorientasi objek ke dalam PHP untuk menjawab perkembangan bahasa pemrograman ke arah paradigma berorientasi objek.







Sumber :
 Priyannto Hidayatullah, Jauhari Khairul Kawistara(2015), Pemrograman Web, Penerbit Informatika, Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar