Selasa, 01 Desember 2015

Organisasi yang Pernah diikuti


             Organisasi adalah sekelompok orang yang berkumpul di tempat yang sama dan mempunynai tujuan yang sama. Tak banyak memang, tapi saya pernah mengikuti beberapa organisasi, diantaranya adalah OSIS, ekskul tae kwon do dan PRMI. Kali ini saya bakal nyeritain pengalaman saat menjadi anggota OSIS.
           OSIS atau Organisasi Siswa Intra Sekolah adalah organisasi siswa yang berkedudukan paling tinggi di sekolah. OSIS bertugas sebagai penghubung antara siswa dan pihak sekolah. Beberapa fungsi osis antara lain merumuskan dan menjalankan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan sekolah, menyammpaikan aspirassi dari siswa kepada guru/kepala sekolah.
          Saya bertugas dibagian mading. Bertugas menyampaikan informassi dari sekolah ke para siswa dengan menempelkan pengumuman di mading. Selain informassi sekoolah, kami juga mennyampaikan informasi  yang berssifat umum, seperti informasi kesehatan, bimbingan belajar, dan juga perlombaan-perlombaan antar sekolah (olah raga dan olimpiade). Selain itu kami juga menampung dan memamerkan karya siswa di mading, baik berupa sastra, poster atau gambar yang telah kami pilah. Akan ada hadiah untuk setiap karya yang dipajang di mading.
          Memang kegiatan kami terlihat gampang, Cuma nempel-nempel di mading, tapi  kenyataannya tak segampang itu. Kami harus mencari informasi yang menarik, mengedit, dan juga memilah bahasanya agar lebih menaaarik dan mudah dipahami siswa. Tak jarang  kami menghabiskan waktu dirumah untuk mengeditinformasi yang akan ditempelkan di mading, dengan tidak mengesampingkan tugas sekolah.
        Terlepas  dari masalah mading, sebagai organisasi tentu saja kami banyak mengadakan kegiatan-kegiatan. Diantaranya adalah acara 17an, hari pahlawan, haari sumpah pemuda, hari kartini, claass meeting dll. Tetu saja kegiatan-kegiatan ini tidak bisa berjalan sendirinya, kami haarus merumuskan atau mengadakan rapat jauh-jauh  hari sebelum hari H. Nah, rapat inilah yang menjadi masalah cukup pelik bagi kami pengurus OSIS.
           Selain permasalahan yang mucul akibat menyatukan banyak “kepala”, masalah lainnya adalah waktu. Waktu yang akan digunakan untuk rapat. Awalnya kami mmenggunakan jam pelajaran untuk rapat OSIS, namun itu membuat kami kehilangan jam pelajaran, tak  jarang pengurus OSIS yang terpaksa  harus ikutan ulangan harian suslan karena jadwal ulangannya bertepatan dengan rapat OSIS. Hak kami sebagai siswa menjadi terpinggirkan. Karena hal itu, tak sedikit anggota yang mangkir rapat, akibatnya rapat menjadi tidak efektif kaareena bukan persetujaun semua anggota. Selain itu tak semua anggota mengetahuui hasil rapat.
        Untuk mengatasi hal itu, kami memindahkan jam rapat mmenjadi setelah semua kegiatan sekolah usai. Ternyata pemindahan jadwal rapat juga tidaklah efektif. Dikarenakan tetap saja ada anggota ynag mmangkir saat rapat dengan berbagai alasan. Mulai dari mengikuti kegiatan klub, membantu orang tua dan masih ada alasan lain yang malas saya uraikan. Namun, dibalik masalah mangkir rapat, anggota pengurus osis sangat bertanggung jawab saat diadakannya kegiatan/perlombaan yang dinaungi OSIS.  

          Manfaat yang saya dapatkan dari mengikuti organisasi sangatlah banyak, diantaranya adalah saya bisa berpikir cepat, belajar menghargai orang lain, mengetahuhi sakitnya tidak dihargai, mempunyai banyak teman, dan tentu saja belajar cara bekerja berkelompok/bekerja sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar