Rabu, 21 Januari 2015

Hubungan Desa dan Kota


            Masyarakat kota dan desa memiliki sifat dan cara hidup yang berbeda. Tetapi, masyarakat kota dan desa memiliki hubungan yang saling menguntungkan diantara kedua belah pihak.

           Masyarakat kota adalah masyarakat yang sebagian besar warganya mempunyai orientasi nilai budaya yang terarah ke kehidupan dalam peradaban masa kini. Pada umumnya kita tau masyarakat modern tinggal di daerah perkotaan, sehingga di sebut masyarakat kota.

           Masyarakat desa adalah masyarakat yang kehidupan adatnya masih banyak di kuasai oleh adat istiadat lama. Adat adalah suatu aturan yang sudah mantap dan mencangkup segala konsepsi sitem budaya yang mengatur tindakan atau perbuatan  manusia dalam kehidupan sosial hidup bersama, bekerja sama dan berhubungan erat secara tahan lama, dengan sifat-sifat yang hampir seragam.

          Masyarakat kota dan desa hidup saling ketergantungan, masyarakat kota membutuhkan massyarakat desa, dan sebaliklnya masyarakat desa juga membutuhkan masyarakaat desa.  kota tergantung desa dlm memenuhi kebutuhan bahan pangan,  desa juga merupakan tenaga kasar pada jenis pekerjaan tertentu. sebaliknya, kota menghasilkan barang dan jasa yg dibutuhkan desa.

          Contohnya adalah masyarakat Kota bergantung pada masyarakat desa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, yaitu: pangan (beras, sayur-mayur, buah-buahan, daging, susu, dll). dan membutuhkan pekerja rumah tangga (pembantu, tukang kebun, supir) Dan begitu pun Masyarakat Desa membutukan masyarakat kota. Masyarakat desa memerlukan sandang (pakaian), alat modern untuk mempermudah pekerjaan petani/peternak, obat-obatan dan alat medis yang lengkap, dll.


sumber :
Buku Geografi SMA IPS kelas XII

Tidak ada komentar:

Posting Komentar